Senin, 18 April 2011

Rasa CINTA dan rasa memiliki Organisasi

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Begitulah pepatah yang menggambarkan bagaimana rasa CINTA itu muncul. Ketika kita belum mengenal apa dan siapa seseorang/sesuatu akan sulit memunculkan rasa sayang apalagi CINTA. Nah,....sebelum lebih jauh kita membahas tentang rasa CINTA, saya akan memberikan sedikit ILUSTRASI tentang rasa CINTA itu.
Pernahkah anda jatuh CINTA???saya yakin, sebagian besar akan menjawab"pernah".walau cuma anda pendam.Ketika anda jatuh CINTA dengan seseorang apa yang akan anda lakukan jika kekasih anda meminta melakukan sesuatu??ya....?!tanpa pikir panjang tentu anda akan melakukan apa saja yang diminta oleh kekasih anda. Bahkan, anda akan rela melakukan apa saja yang diminta terlebih dahulu oleh kekasih anda.Misalnya, menawarkan bantuan mengerjakan tugas, membelikan makanan, memberikan hadiah, dll.IYO PORA???
Misalkan lagi, anda mempunyai LAPTOP baru. Pasti anda akan menjaganya setiap saat,agar tidak tergores apalagi rusak. Itu karena anda sangat menyukai LATOP baru anda. Beda lagi kalau anda sudah tidak suka, anda akan menaruhnya sembarangan, tidak lagi merawatnya, dan membiarkannya RUSAK.
Dari Ilustrasi diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa rasa cinta terhadap suatu hal, bisa manusia,barang,aktifitas,kegiatan,dll, akan menimbulkan dedikasi yang sangat tinggi untuk bisa memberikan yang terbaik bagi organisasi. Rasa CINTA dan suka pada organisasi merupakan dasar terbentuknya loyalitas, tanggungjawab, pengorbanan,keikhlasan,dan motivasi, yang pada akhirnya berujung pada peningkatan kualitas SDM dalam organisasi.
Selanjutnya, bagaimana kiat memunculkan rasa CINTA kepada organisasi???yang pertama adalah BENAHI NIAT.Niat merupakan tenaga besar yang menggerakkan keinginan dan tubuh anda.Niatkan mengikuti organisasi hanya untuk berjuang dijalan Alloh (LII'LAI KALIMATILLAH}.Dan yakinlah ketika kita benar-benar berjuang dijalan Allah, Allah akan memberikan kemudahan kepada kita dengan jalan yang tidak disangka-sangka.Telah jelas di sebutkan didalam Al Qur'an "INTANSHURULLAH YANSHURKUM" Barangsiapa menolong agama Allah,maka Allah akan menolongnya. Dengan niat yang benar-benar hanya untuk berjuang menegakkan kalimat Allah dimuka bumi ini, maka anda akan mempunyai pegangan kuat dalam menjalankan setiap aktivitas organisasi. Dengan niat yang tulus, mak tidak ada rasa  kecewa pada hasil keputusan rapat, tidak akan ada rasa benci dan kecewa pada seseorang didalam organisasi. Jika semua telah diniatkan hanya untuk mencari Ridla Allah, maka anda tidak akan meminta imbalan atau pujian.Harta, tanaga, dan pikiran, secara total diberikan kepada organisasi.dan kalu perlu nyawapun akan dikorbankan demi organisasi.(Bondo, Bahu, Pikir, Yen perlu sak nyawane}
Langkah yang kedua yang harus dilakukan untuk memunculkan rasa CINTA kepada organisasi adalah anda harus memahami dengan benar seluk beluk organisasi yang anda ikuti. Seperti yang sudah saya sampaikan didepan.tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Dengan memahami secara benar seluk beluk organisasi entah itu arah, tujuan, nilai, sistem yang dianut, dan manfaat dalam organisasi tersebut, maka setiap aktivitas yang anda lakukan didalam organisasi tersebut sudah benar-benar tahu dan faham dimana anda akan melangkah.


Oleh : Rohman Almakhi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar